Halaman

Kamis, 03 Januari 2013

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pada hakekatnya bahwa pembelajaran dapat terlaksana apabila terdapat interkasi antar guru dengan murid serta sarana pendukung pembelajaran, dan salah satunya penentu keberhasilan pada kegiatan belajar mengajar adalah guru, jika seorang guru malas mengajar dan enggan membuat perangkat pembelajaran, maka apa yang terjadi pada hasil pendidikan, tiada lain siswa akan malas pula belajar. Berdasarkan kenyataan tersebut dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah maka dibutuhkan adanya supervisi yang profesional yang mampu membimbing, menjadi teladan, dan mampu menggerakkan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Dengan demikian, berarti, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Meskipun demikian, supervisi akademik tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran.

Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru. Kepala sekolah pada satuan pendidikan memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan guru dalam pembelajaran yang di dalamnya ada sistem evaluasi pembelajaran.

Kegagalan pembelajaran pada satuan pendidikan dapat diatasi dengan usaha dan peran kepala sekolah yang mampu mendeteksi dini kelemahan guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa dengan peranannya sebagai peneliti. Kegagalan dan keberhasilan guru juga dipengaruhi olah kemampuan pemahaman guru terhadap proses pembelajaran. Ketidakmampuan guru memahami maksud dan tujuan pembelajaran dapat mempengaruhi hasil pembelajaran.

Guru dituntut mampu memahami makna dan karakter kurikurikulum sehingga dapat menguasai materi, metoda, teknik, evaluasi pembelajaran sehingga hasil pembelajaran pada suatu satuan pendidikan dapat dicapai secara maksimal dan bermutu.

Peraturan pemerintah No 10 tahun 2005 bab I pasal 1 ayat 6 bahwa standar proses pendidikan adalah standar nasional yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai suatu standar kompetensi lulusan

Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berjudul “UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 2 SUKAGUMIWANG”


B. Identifikasi Masalah
Penyusunan karya tulis harus sesuai dengan kondisi nyata kegiatan yang dilakukan para guru di SMP Negeri 2 Sukagumiwang. Masalah yang terkait dengan judul Penelitian Tindakan Sekolah ini sangat luas dan kompleks. Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penulis terfokus pada kajian masalah yang dikaitkan dengan kondisi nyata dan paparan proses pembelajaran oleh para guru.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka masalah yang muncul dapat diidentifikasi oleh penulis sebagai berikut :
  1. Rendahnya minat belajar siswa, dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian kurang memenuhi KKM. 
  2. Hanya 10% siswa mempunyai minat belajar tinggi, dibuktikan dengan jumlah pengunjung perpustakaan rata-rata 70 s.d. 80 siswa/hari
  3. Hanya 30% siswa mempunyai minat belajar sedang, dibuktikan dengan jumlah siswa yang mengumpulkan tugas praktek/kokurikuler kurang dari setengah jumlah siswa per kelas.
  4. Hanya 60% siswa mempunyai minat belajar rendah

C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan keempat masalah yang teridentifikasi di atas, maka penulis membatasi masalah pada : 
  1. Proses pembelajaran guru kurang memberi semangat pada siswa untuk mencintai mata pelajaran. 
  2. Kualitas pembelajaran yang dilakukan guru kurang memberi motivasi siswa dalam semangat belajarnya. 
  3. Peran supervisi akademik sangat besar dalam menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu.

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang penulis rumuskan di atas, penulis menetapkan beberapa rumusan masalah antara lain :
Apakah dengan supervisi akademik bagi guru dapat meningkatkan kinerjanya?,
Apakah dengan supervisi akademik dapat merubah minat kemauan melaksanakan pembelajaran yang baik sesuai dengan aturan dan langkah-langkah proses belajar mengajar?,
Apakah dengan supervisi ini dapat merubah budaya belajar di kelas menjadi membaik dengan pola belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan?.


E. Tujuan Penelitian
Suatu kegiatan mustahil dilakukan jika tanpa ada tujuan. Begitu pun dengan penelitian ini, dilakukan dengan tujuan :
  1. Meningkatkan mutu pembelajaran siswa SMP Negeri 2 Sukagumiwang
  2. Meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Sukagumiwang
  3. Meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

F. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian supervisi akademik adalah untuk merubah paradigma lama sistem pembelajaran yang DDCH menjadi model pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat:
1. Bagi kepala sekolah
  • Dapat meningkatkan profesionalisme supervisi untuk meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.
  • Dapat meningkatkan kinerja sekolah melalui peningkatan profesionalisme guru.
2. Bagi Guru
  • Dapat meningkatkan kemampuan guru mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas melalui sepervisi pelaksanaan pembelajaran.
  • Dapat memberikan pengertian pada guru bahwa supervisi merupakan tugas kepala sekolah sehingga bukan merupakan suatu hal yang luar biasa, akhirnya guru diharapkan dapat disupervisi setiap saat dan bahkan guru mengajukan supervisi klinis kepada kepala sekolah.
  • Memberikan motivasi pada guru untuk mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas.
3. Bagi Siswa 
  • Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik.
  • Meningkatkan aktivitas siswa di dalam belajar.
  • Meningkatkan penguasaan konsep.
  • Menumbuhkan keberanian mengemukakan pendapat dalam kelompok/ membiasakan bekerja sama dengan teman
4. Bagi Pengembangan ilmu praktis
Dapat memberikan sumbangan kepada pengembangan ilmu praktis di dunia pendidikan tentang pentingnya supervisi pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan guru mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas.

0 komentar:

Posting Komentar